preloader

Peresmian Depot Air dan Kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia: Kolaborasi untuk Pencegahan Stunting di Kabupaten Sumbawa Barat

Sekongkang, 17 Oktober 2023 – Dalam upaya terwujudnya akses terhadap air bersih bagi peserta Program Penurunan Stunting untuk Generasi Sehat, Cerdas dan Tangguh di  Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) bekerja sama dengan Yayasan CARE Peduli (YCP) meresmikan sekaligus melakukan serah terima Depot Air kepada Komite Air dan Pemerintah Desa Sekongkang Atas. Kegiatan peresmian yang dihadiri oleh Bupati KSB, H. W. Musyafirin, merupakan bagian dari aksi kolaborasi AMMAN, YCP dan Pemerintah KSB. Kegiatan peresmian ini dirangkaikan dengan pelaksanaan kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia, dengan tema “Tangan yang bersih berada dalam jangkauan” yang bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan dan penyuluhan berbasis masyarakat tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun (CTPS) dalam pencegahan stunting.

Selain perwakilan dari Pemerintah Kabupaten, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Camat Maluk dan Sekongkang. Dalam melakukan edukasi dan penyuluhan, kegiatan ini juga dihadiri oleh masyarakat dan siswa dan siswi perwakilan dari TK Negeri Sekongkang, SD Negeri 1 Sekongkang Atas, SD Negeri Sekongkang Bawah, dan SMP Negeri Sekongkang atas.

Kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia menyoroti bagaimana pentingnya CTPS sebagai upaya pencegahan stunting. Sanitasi yang baik merupakan faktor penting dalam mencegah berbagai macam masalah kesehatan dan gizi, salah satunya adalah untuk mencegah stunting. Dalam hal ini, contohnya adalah mencuci tangan pakai sabun sebelum makan, yang dapat mencegah penularan penyakit, terutama saat memberi makan anak.

Pada pelaksanaannya, Bupati KSB, H. W. Musyafirin, mendemonstrasikan bagaimana cara yang benar untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, yang diikuti dengan demonstrasi masak makanan lokal bergizi tinggi, bersama tim Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) Sekongkang Atas. Beliau mengatakan, “Kami sangat menghargai kontribusi AMMAN dan Yayasan CARE Peduli. Depot Air yang diberikan adalah langkah positif dalam mendukung akses air bersih di wilayah ini. Kami berharap bahwa Depot Air ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat KSB yang juga dapat mencegah stunting. Selain itu, hari ini adalah hari yang spesial dimana kita memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia. Semoga inisiatif ini dapat memengaruhi perubahan perilaku masyarakat dalam upaya pencegahan stunting dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi generasi muda.”

Pada kesempatan terpisah, Vice President Social Impact AMMAN, Priyo Pramono, menjelaskan bahwa upaya yang AMMAN lakukan adalah langkah kolaborasi nyata dalam  pengembangan masyarakat KSB. “Sebagai perusahaan yang berkomitmen terhadap pelaksanaan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), AMMAN senantiasa mendorong upaya kolaborasi yang strategis dan terukur untuk percepatan penurunan stunting, salah satunya melalui penyediaan akses air bersih yang memadai bagi masyarakat,” jelas Priyo.

Project Manager Yayasan CARE Peduli, Muhammad Ikraman mengatakan, “Kami berharap bahwa upaya kami hari ini akan memberikan inspirasi bagi komunitas untuk menjadikan sanitasi, terutama cuci tangan pakai sabun, sebagai bagian penting dari gaya hidup kita. Tak kalah penting, dengan adanya Depot Air, masyarakat dapat mengakses air minum dengan mudah dan terjangkau. Kedua hal ini merupakan hal yang dapat bersama kita lakukan dalam mencegah stunting.”

Dalam upaya pencegahan stunting, CTPS adalah salah satu tindakan sederhana yang bisa melindungi anak-anak dari penyakit dan memastikan pertumbuhan mereka baik dan sehat. Melalui kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia ini, Pemerintah Daerah KSB, AMMAN, dan YCP menggalakkan kepada masyarakat, orang tua serta anak-anak usia sekolah untuk terus mempertahankan dan membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun.

Depot Air akan memberikan akses yang lebih baik terhadap air bersih kepada masyarakat, sementara kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia memperkuat kesadaran masyarakat tentang pentingnya sanitasi, khususnya CTPS. Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan dapat memulai budaya bersih sehingga dapat mengurangi risiko stunting sejak dini.

Tentang Yayasan CARE Peduli

Yayasan CARE Peduli (YCP) adalah organisasi kemanusiaan yang berfokus pada pengelolaan risiko bencana, dan kesetaraan gender dan inklusi sosial. YCP secara resmi beroperasi sebagai entitas nasional pada tahun 2018, dan merupakan anggota konfederasi CARE International (CARE).

CARE telah hadir di Indonesia sejak tahun 1967. CARE beroperasi di 102 negara, mendukung 1,495 program penanggulangan kemiskinan dan bantuan kemanusiaan, dan telah menjangkau lebih dari 100 juta orang (sampai dengan 31 Desember 2021).

Di Indonesia, pemberdayaan perempuan dan anak perempuan menjadi prioritas utama dalam setiap program YCP, sebab kesetaraan merupakan bagian dari pembangunan sosial dan ekonomi berkelanjutan. Untuk mengetahui program-program YCP, silakan kunjungi Yayasan CARE Peduli atau ikuti YCP di Instagram, Facebook, LinkedIn, dan YouTube.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Mega Napitupulu
Branding and Public Relations Manager
Yayasan CARE Peduli
Email: mega_napitupulu@careind.or.id

Tentang AMMAN

PT Amman Mineral Internasional Tbk (IDX: AMMN) merupakan produsen tembaga dan emas terbesar yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Melalui anak usahanya PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), perusahaan memiliki dan mengoperasikan tambang Batu Hijau, tambang tembaga-emas terbesar kedua di Indonesia. AMNT juga mengolah bijih menjadi konsentrat tembaga, serta kegiatan eksplorasi di proyek Elang. Melalui PT Amman Mineral Industri (AMIN), fasilitas smelter tembaga dan pemurnian logam mulia juga kini tengah dibangun dan ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2024. Dengan selesainya fasilitas smelter tembaga dan PMR, AMMAN akan menjadi perusahaan yang terintegrasi secara penuh mulai dari pertambangan, pengolahan, hingga pemurnian secara terintegrasi. AMMN berkomitmen untuk menjadi perusahaan tambang terdepan yang mengutamakan operasional berkelanjutan dan menciptakan warisan yang terbaik bagi Indonesia dan dunia.

Kontak Media:

Dinar Puja Ginanjar
Senior Manager of Corporate Communications
PT Amman Mineral Nusa Tenggara
Email: communications@amman.co.id

REPORT ABUSE or INCIDENT
CARE Hotline:  0811-1533-220
Email :
YCP_feedback_complaint@careind.or.id

Jl. Taman Margasatwa No. 26 Blok D,
Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
12550 Indonesia
Telephone : (021) 780 5547
email : info@careind.or.id