preloader

Cerita kami

Kehadiran CARE di Indonesia dimulai pada Mei 1967 dengan nama CARE International Indonesia yang diawali dengan aktivitas distribusi makanan, pemberian makanan ke sekolah, dan proyek infrastruktur kecil di Jawa Tengah. Pada tahun 1980an, fokus program CARE meluas dan mencakup pengembangan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan, lingkungan, air dan sanitasi.

Sebagai sebuah badan kemanusiaan, CARE terlibat secara konsisten dalam tanggap darurat terhadap berbagai bencana yang terjadi di Indonesia, seperti El NiƱo, tsunami Samudera Hindia pada 2004, gempa bumi Padang dan Yogyakarta, serta yang terkini gempa bumi-tsunami di Palu. Melalui respon kemanusiaannya, CARE mendapatkan posisi yang diakui dalam komunitas pembangunan dan kemanusiaan di Indonesia, dan meraih banyak contoh sukses dalam upaya advokasi pada pemerintah dalam berbagai tingkatan serta mampu melipatgandakan dampaknya melalui replikasi program-program yang sukses. Saat ini, fokus kami adalah pada tanggap darurat, pengelolaan risiko bencana serta keadilan gender & inklusi sosial.

Sebagai bagian dari komitmen global CARE untuk diversifikasi dan penguatan kapasitas local, Yayasan CARE Peduli dibentuk pada Juli 2018 sebagai entitas nasional untuk meneruskan kehadiran CARE di Indonesia. Transisi ini memungkinkan penyesuaian yang lebih tepat antara program CARE dengan prioritas nasional, program yang bermanfaat dan berkelanjutan, dengan kepemilikan lokal yang tinggi, serta memperkuat komitmen kami terhadap pelokalan untuk berinvestasi dan membangun kapasitas lokal.